Wednesday, September 5, 2012

Ganda Indonesia DIhukum 4 bulan

 


PB PBSI akhirnya menjatuhkan sanksi kepada pebulu tangkis Indonesia yang terlibat skandal di ajang olimpiade London Inggris beberapa waktu lalu. Pemain ganda putri Greysia Polii, Meiliana Jauhari serta pelatihnya Paulus Firman diskorsing selama empat bulan.


Yacob menambahkan, sanksi ini sudah cukup berat karena sebagai atlet dan pelatih mereka tidak bisa berkecimpung di semua pertandingan yang berada dalam penyelenggaran PBSI maupun Federasi Bulu tangkis Dunia atau BWF.

Sebelumnya, BWF sudah menyatakan Greysia dan Meiliana bersama dua pasangan Korea Selatan dan satu pasangan China bersalah karena berupaya mengatur hasil pertandingan. Greysia dan Meiliana ketika itu berhadapan dengan pasangan Korea Selatan, Ha Jung-eun/Kim Min-jung, di laga terakhir penyisihan Grup C, akhir Juli silam.

Kedua pasangan yang sudah pasti ke perempat final itu sama-sama tidak mau menang untuk menghindari pertemuan dengan ganda nomor satu dunia China, Yu Yang/Wang Xiaoli. Pasangan China itu pun didiskualifikasi karena diketahui sengaja mengalah di laga terakhir mereka dari pasangan Korea Selatan. Akibat skandal ini keempat pasangan ini didiskualifikasi dari olimpiade.

Pemain China, Yu Yang sehari sesudah keputusan itu langsung menyatakan mundur dari dunia bulu tangkis. Dia merasa tidak melakukan kecurangan karena sistem pertandingan memungkinkan bagi mereka untuk memilih lawan, walau dinilai tidak sportif.

Asosiasi China sendiri langsung mengeluarkan pernyataan resmi mengakui kesalahan dan menyampaikan permohonan maaf atas peristiwa ini. Sementara Asosiasi Korea Selatan yang sebelumnya sempat mengajukan banding atas kasus ini, kemudian mengakui kesalahan dan langsung menjatuhkan sanksi kepada empat pemainnya dengan skorsing enam bulan.

Adapun untuk dua pelatihnya, sanksinya lebih berat lagi, yakni skorsing selama empat tahun. Awalnya, si pelatih terancam tidak bisa melatih seumur hidup.

Dengan sanksi ini, Greysia dan Meiliana tidak bisa tampil di berbagai turnamen sampai tutup tahun 2012. Absennya mereka di beberapa turnamen otomatis akan menurunkan peringkat mereka yang saat ini berada di posisi 14 dunia.

No comments:

Post a Comment