Wednesday, May 30, 2012

Jepang Punya Joo Bong






Dua figur kuat berada di balik sukses tim Piala Thomas dan Uber China dan Jepang di Wuhan, pekan lalu. Figur Li Yongbo di kubu China dan Park Joo-bong di kubu Jepang.

Baik Li Yongbo mau pun Park Joo-bong merupakan musuh bebuyutan saat keduanya masih menjadi pemain China den Korea Selatan pada dekade 1980-an.  Yongbo memegang China sejak pensiun dan Joo-bong sempat melatih beberapa negara sebelum menjadi pelatih kepala Jepang.

Yongbo yang akan berusia 50, September ini sukses membawa China menjadi kekuatan yang mendominasi dunia bulu tangkis sepuluh tahun terakhir. Ia mampu memadukan pemain-pemain terbaik yang dimiliki China sehingga dapat tampil maksimal sebagai satu tim.

Yongbo yang berpasangan dengan Tian Bingyi di masanya sebagai pemain merahasiakan keberhasilannya sebagai pelatih dan manajer tim China.  "Jika saya beritahu, maka semuanya  seluruh dunia akan  menyamainya dan ini tidak baik buat kami," katanya. "Kita tidak bisa melakukan hal serupa, karena hasilnya juga akan serupa. Harus ada sesuatu yang berbeda," ungkap Yongbo.

Sementara pelatih Jepang, Park Joo-bong mulai menuai hasilnya setelah bekerja untuk Jepang tujuh tahun lampau.  Dua tahun terakhir, para pemain Jepang telah menunjukkan prestasi di tingkat persaingan atas baik di nomor putera mau pun puteri.

No comments:

Post a Comment