Wednesday, February 15, 2012

Demi Olimpiade, Tontowi/Lilyana Diupayakan Naik Peringkat

Pengurus Besar Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) tengah mengupayakan kenaikan peringkat dunia Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir dari peringkat empat menjadi tiga dengan sasaran utama Olimpiade 2012.

Tujuan ini dijalankan demi memuluskan langkah pasangan ganda campuran tersebut, yang diprediksi paling berpeluang pertahankan tradisi emas bulutangkis di event olahraga multicabang terbesar di dunia itu.

"Kami akan mendorong naiknya peringkat Tontowi/Lilyana di enam pertandingan internasional yang tersisa jelang Olimpiade London 2012," ujar Kepala Sub Bidang Pelatnas PB PBSI Christian Hadinata, pascapaparan PB PBSI di depan Satlak Prima, Rabu (15/2/2012), di gedung PP. IKON, Senayan, Jakarta.

Christian mengatakan, meskipun saat ini pasangan ganda campuran tersebut mempunyai tempat aman untuk berlaga di London, namun menurutnya kenaikan peringkat diperlukan agar mereka mendapat seeding grup Olimpiade yang lebih menguntungkan.

Ilustrasinya, apabila Tontowi/Lilyana bertanding di Olimpiade sebagai peringkat keempat, mereka akan bertemu dengan peringkat satu dunia di semifinal, dan itu berarti tantangannya relatif lebih besar.

Perbaikan peringkat tersebut akan dilakukan melalui enam kejuaraan internasional tersisa (selain Piala Thomas dan Uber) sebelum Olimpiade London, yang akan berlangsung mulai 27 Juli.

Kejuaraan-kejuaraan itu adalah German Open Grand Prix Gold (28 Februari-4 Maret), All England Superseries Premier (6-11 Maret), Swiss Open Grand Prix Gold (13-18 Maret), Australia Open Grand Prix Gold (3-8 April), Asia Championship (17-22 April), dan India Open Superseries (24-29 April).

Untuk diketahui, pebulutangkis yang lolos ke Olimpiade adalah mereka yang berada di peringkat 16 besar dunia (untuk nomor tunggal) dan 8 besar dunia (untuk nomor ganda).

"Rijal/Debby dan Grace/Meiliana akan didorong ke peringkat 8. Namun secara ranking mereka pun belum diuntungkan karena di format seeding di Olimpiade nanti, yang diuntungkan itu hanya (peringkat) 1 sampai 4. (Peringkat) 5 sampai 8 bisa kemana-mana," tukasnya.

Selain itu, Christian juga mengatakan bahwa PB PBSI menargetkan untuk meloloskan dua pebulutangkis Indonesia di lima nomor. Hal ini berarti mereka menargetkan untuk mengirim 10 pemain.


No comments:

Post a Comment