Wednesday, April 4, 2012

Jatuh Bangun Garuda di Darling Harbour



SYDNEY – Beragam hasil yang didapat para pendekar raket Merah Putih dalam Australian GP Gold, sejak pagi ini. Sejumlah wakil Indonesia harus pulang lebih awal, dan sejumlah lainnya membuat napas Garuda masih terhela dengan langkah yang tersisa di babak pertama.

Perjuangan Indonesia diawali nomor ganda campuran, Hendra Setiawan/Vita Marissa. Meski mengawali pertandingan dengan percaya diri dan memperjuangkan poin demi poin, tapi tetap tak mampu mengandaskan unggulan keempat asal Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam. Hendra/Vita kalah 18-21 dan 19-21.

Akan tetapi, setitik asa cerah terpancar dari duo ganda putri Anneke Feinya Agustin/Nitya Krishinda Maheswari yang menjadi delegasi pertama tim Merah-Putih yang lolos ke babak kedua. Anneke/Nitya yang tak menyandang status unggulan, memulangkan wakil Korea Selatan, Choi Hye In/Kim So Young dengan kemenangan straight set, 21-11 21-10.

Kesuksesan Anneke/Nitya juga diikuti ganda putri muda Indonesia lainnya, Suci Rizky Andini/Della Destiara Haris dengan menuntaskan perlawanan duo non unggulan dari Singapura, Shinta Mulia Sari/Yao Lei, juga dengan straight set namun lebih ketat, 21-18 21-19.

Sukses Indonesia juga berlanjut di wakil ganda campuran kedua Indonesia, Muhammad Rijal/Debby Susanto. Sempat sedikit mudah mengamankan set pertama dari pasangan Malaysia, Tan Aik Quan/Lai Pei Jing, tapi di set penentuan, reli panjang mulai mendera. Tapi dewi fortuna masih di pihak Indonesia. Rijal/Debby menutup babak pertama dengan kemenangan 21-14 dan 21-15.

Satu lagi wakil Indonesia yang harus gugur di babak pertama terdapat di nomor tunggal putri. Lindaweni Fanetri tak mampu mengawali srikandi-srikandi Indonesia di kategori tunggal setelah melakukan perlawanan teramat sengit dengan delegasi Jepang yang merupakan unggulan kedelapan, Sayaka Sato. Lindaweni harus kalah dengan skor ketat, 21-18, 22-24 dan 18-21.

Perlawanan sengit Indonesia kembali terjadi di nomor tunggal putri. Adrianti Firdasari terpaksa mengikuti jejak juniornya – Lindaweni, untuk angkat koper lebih awal dari arena Darling Harbour, Sydney, setelah dikalahkan pebulutangkis China, Wang Lin, juga dengan skor yang ketat, 21-19, 19-21 dan 14-21.

Hingga berita ini diturunkan, masih terdapat 19 wakil Garuda yang masih akan berusaha lepas landas dari babak pertama, yakni:
Tunggal Putri:
Maria Febe Kusumastuti vs Nichao Jindapon (Thailand)

Ganda Putri:
Vita Marissa/Nadya Melati vs Wendy Chen Hsuan-Yu/Hsieh Chia-Ju (Australia)
Meiliana Jauhari/Greysia Polii vs Poon Lok Yan/Tse Ying Suet (Hong Kong)

Ganda Campuran:
Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawaty vs Shintaro Ikeda/Reiko Shiota (Jepang)

Ganda Putra:
Yohanes Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan vs Hoon Thien How/Teo Kok Siang (Malaysia)
Angga Pratama/Ryan Agung Saputra vs Ross Smith/Glenn Warfe (Selandia Baru)
Markis Kido/Hendra Setiawan vs Mercedes Tin/Trinh Toan (Australia)
Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan vs Anthony Chang/Nicolas Ong (Australia)

Tunggal Putra:
Simon Santoso vs Ashton Chen Yong Zhao (Singapura)
Sony Dwi Kuncoro vs Alamsyah Yunus
Taufik Hidayat vs James Eunson (Selandia Baru)


okezone.com

No comments:

Post a Comment