Saturday, April 14, 2012

Unggulan Pertama Ditantang Non Unggulan






JAMBI - Babak final kompetisi bulutangkis tingkat SD dan SMP, MILO School Competition 2012 di GOR Kotabaru Jambi, pada hari Sabtu (14/4) menjanjikan pertandingan alot di nomor tunggal putera kategori SD. Finalis non-unggulan dari SD Al Falah Jambi, M.Taufik Aditya, melawan unggulan-pertama Habib Alfarizi dari SD 100 Bungo Jambi.

Hakim pertandingan, Amirulloh, memprediksi pertandingan akan seru karena Habib Alfarisi bermain dengan “beban” sebagai unggulan-pertama, sementara M. Taufik Aditya ingin membuktikan bahwa ia-lah yang sebenarnya terbaik. Keduanya sama-sama ingin juara di MILO School Competition Jambi.

"Saat bertanding di babak semi final, ternyata Aditya justru bisa mengalahkan pemain unggulan kedua tunggal putera SD. Otomatis pada babak final Sabtu besok, Aditya berhadapan dengan Habib Alfarizi pemain unggulan pertama,” kata Amirulloh dalam rilis yang diterima okezone, Jumat (13/4/2012).

“Di atas kertas, Habib yang akan jadi juara, tetapi meski non unggulan Aditya bisa saja menjadi juaranya. Ini semua kembali pada kondisi stamina atlet dan kesiapan mentalnya. Bisa saja karena main di beberapa nomor, stamina jadi menurun sehingga kalah," ujar Amir yang juga Ketua Bidang Pertandingan Pengprov PBSI Jambi.

Walaupun demikian, pemain yang lolos ke babak semi final, masih didominasi oleh para pemain unggulan. Amir menyebutkan pada kategori Perorangan Tunggal SMP Putri, baik pemain unggulan 1 dan unggulan 2 melaju di babak semifinal. Kategori Perorangan Tunggal SD Putri, Nadia dari SD 144 Bungo pemain unggulan 4 bisa mengalahkan Hesti Kurniati Dewi  dari SD 216 Mustong Muara Jambi yang merupakan pemain unggulan 2.

Amir menilai kompetisi yang pertama kali dilaksanakan di Jambi ini bisa memberikan nilai tambah bagi para atlet yang berada di Jambi. Karena, di Jambi biasanya hanya ada dua kali kejuaraan yang bisa diikut atlet yakni Kejuaraan Cabang (Kejurcab) di tingkat Kabupaten dan Kejuaraan di tingkat Provinsi (Kejurprov).

Dengan adanya MILO School Competition, atlet Jambi bisa bertambah jam terbang dalam bertanding. "Sebenarnya untuk pembinaan bulutangkis di Jambi sudah cukup bagus. Namun jumlah kompetisinya yang ada masih minim. Di Kota Jambi sendiri ada 7-8 klub yang melakukan pembinaan cukup bagus untuk atletnya sedangkan di luar Kota Jambi ada 5 klub melakukan hal yang sama. Sementara mayoritas atlet yang ikut kompetisi ini dibina oleh klub-klub tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, Nurul Fathonah (13) pemain unggulan pertama dari SMP 2 Merangin yang lolos ke babak final mengaku sudah menyiapkan stamina fisik dan mental secara penuh. "Memang lawan tanding besok tidak bisa diremehkan. Untuk itu, aku perlu istirahat yang cukup sehingga saat tampil di babak final benar-benar fit dan bisa menang," ujar Nurul  yang memiliki prestasi di bidang bulutangkis antara lain, juara Provinsi Jambi tahun 2009 dan 2010 di tingkat SD. Nurul Fathonah dalam babak final akan berhadapan dengan Dian Muryanti siswi SMP 11 Kota Jambi.

okezone.com

No comments:

Post a Comment