Wednesday, January 25, 2012

China Bertarung Melalui Babak Kualifikasi

Tim Putra dan Putri China dipastikan ikut pertarungan babak kualifikasi Zona Asia Piala Thomas dan Uber 2012 yang berlangsung di Macau pada tanggal 14 – 19 Februari 2012.

China sesungguhnya memiliki 'wild card' untuk langsung lolos ke putaran final karena berdasarkan aturan bahwa juara bertahan atau pun tuan rumah berhak lolos ke putaran final. Namun China tak menggunakan haknya untuk lolos ke putaran final.
12 BET - INFO BADMINTON
Putaran final akan berlangsung di Wuhan, China pada 20 - 27 Mei 2012. China memilih ikut bertarung melewati babak kualifikasi karena ingin mengumpulkan poin untuk meraih tiket ke Olimpiade London 2012.

Dua tahun lalu di Kuala Lumpur, tim beregu putra China mempertahankan Piala Thomas dengan menekuk Indonesia 3-0 di partai final. Sedangkan tim putri China gagal mempertahankan Piala Uber setelah dikandaskan Korea Selatan 1-3 di partai final.

''Tidak ada aturan di BWF yang melarang juara bertahan atau pun tuan rumah ikut bertarung melalui babak kualifikasi,'' ungkap Yacob Rusdianto yang merupakan Wakil Manager Tim Thomas dan Uber Bidang Media dan Publikasi.

Dengan ikutnya China dalam pertarungan babak kualifikasi zona Asia di Macau nanti, maka terjadi perubahan kuota yang lolos ke babak putaran final. Pada beregu putra semula zona Asia hanya berhak diwakili empat negara kini menjadi lima negara, sedangkan di beregu putri kuota juga bertambah dari semula untuk tiga negara menjadi empat negara.

Namun yang menjadi permasalahan adalah bagaimana jika seandainya China mengalami kekalahan pada babak kualifikasi.

''PBSI sudah melayangkan surat kepada Federasi Badminton Asia untuk menanyakan kejelasan status China jika seandainya tersingkir dari babak kualifikasi. Kekalahan tim China bisa saja terjadi,‘’ jelas Yacob.

‘’Saat ini belum ada keputusan dari BWF, kita tunggu aja hasilnya,’’ tambah Yacob.

Dijelaskan Yacob juga bahwa putaran babak kualifikasi Zona Asia ini merupakan Kejuaraan Beregu Asia. Demikian juga babak kualifikasi Zona Eropa, Pan Amerika, Oceania dan Afrika merupakan kejuaraan beregu resmi masing-masing zona.

sumber: bulutangkis.com

No comments:

Post a Comment