Sunday, January 22, 2012

Efek Li Na untuk Pariwisata Australia

Kesuksesan Li Na di ajang grand slam tahun lalu ikut mengatrol pariwisata Australia di mata para turis China. Imbas itu bahkan disebut bakal bertahan beberapa tahun ke depan.





Tahun 2011 lalu dapat dikatakan sebagai puncak karir Li Na di dunia tenis sejauh ini. Setelah menjadi finalis di Australia Terbuka 2011, petenis putri kelahiran Wuhan, China, 29 tahun silam itu menjuarai Prancis Terbuka 2011.




Kesuksesan Li Na itu jelas bikin publik China bangga. Minat untuk terus mengikuti sepak terjang Li Na pun sepertinya ikut mendorong kenaikan 30 persen dari jumlah penjualan tiket Australia Terbuka di China, seperti dilaporkan Herald Sun.

Bukan hanya itu saja, efek Li Na ikut berimbas dalam pariwisata Australia secara umum. Laporan di surat kabar yang sama bahkan memprediksi kalau tren positif akan bertahan selama lima tahun.

"Sekitar 53 juta orang China meninggalkan negaranya untuk liburan tahun lalu. Dari jumlah itu 500 ribu di antaranya datang ke Australia. Jumlah itu bisa berlipat ganda dalam lima tahun, terbantu oleh efek Li," kata bos Forum Pariwisata dan Transportasi John Lee ke Herald Sun dan dilansir AFP.

Popularitas Li Na, yang juga tercatat menjadi orang Asia pertama di final sebuah grand slam, di negaranya kini dinilai sudah sejajar dengan atlet basket Yao Ming. Demi pariwisata Australia, Li Na kini diharapkan kembali bisa tampil apik atau bahkan sekalian menjadi juara di Australia Terbuka 2012.

"Fans China tidak hanya mengunjungi Melbourne dan sekelilingnya. Mereka akan menyambangi Sydney, Great Barrier Reef dan Uluru. Ia sudah membuat start sukses di 2012, dan jika itu terus berlangsung maka Li bisa jadi lebih berharga untuk Australia ketimbang Oprah," beber Lee.

Setelah lonjakan pada dekade 90-an, industri pariwisata Australia kini mengalami kelesuan. Demi mengatrol pariwisatanya, tahun lalu Australia sudah coba mengundang Oprah Winfrey berkunjung demi memublikasikan sektor-sektor pariwisata di negara itu.
dikutip : detik.com

No comments:

Post a Comment