Sunday, January 29, 2012

Djokovic Mengejar Gelar & Torehan Khusus

 Novak Djokovic akan mengejar titel grand slam kelimanya dan bikin torehan khusus. Jika itu terjadi, maka ia sekaligus akan memberikan Rafael Nadal sebuah rekor buruk.



Dalam karier bertenisnya, Djokovic sudah meraih tiga gelar grand slam yakni dua gelar juara Australia Terbuka, dan masing-masing satu titel Prancis Terbuka dan AS Terbuka.

Tiga dari empat gelar tersebut Djokovic raih pada tahun 2011 lalu, dengan dua di antaranya disabet secara beruntun yakni di Prancis Terbuka dan AS Terbuka.

Walhasil, di Melbourne Park ia kini membidik gelar grand slam ketiganya secara beruntun. Kalau sukses maka si petenis rangking satu dunia asal Serbia akan menjadi pria kelima di Era Open yang bisa memenangi tiga gelar grand slam secara berturut-turut.

Sebelumnya sudah ada Roger Federer, Rod Laver, Andre Agassi, dan Nadal, lawan yang juga akan dihadapi oleh Djokovic di final Australia Terbuka 2012.

Seandainya Djokovic benar-benar bisa melakukannya maka ia juga akan membuat Nadal, yang ia kalahkan di dua final grand slam terakhir, menjadi petenis putra pertama semenjak Era Open yang mengalami kekalahan di tiga final grand slam secara beruntun.

Ditilik dari sejumlah pertemuan terakhir antara keduanya, Djokovic punya peluang besar mengalahkan Nadal, peraih 10 gelar grand slam.

Dari 10 pertemuan terakhir antara kedua petenis Djokovic mampu delapan kali mengalahkan Nadal, termasuk di antaranya dalam enam pertemuan teranyar. Tapi secara keseluruhan Djokovic masih tertinggal dari Nadal dengan jumlah kemenangan 13 berbanding 16.

"Aku tahu aku mungkin memiliki keuntungan mental karena aku sudah memenangi enam final. Kami bermain di 2011 dan aku mencatatkan banyak sukses melawan dirinya," ujar Djokovic pede seperti dilansir Yahoosports.

Pun demikian, Djokovic yang sebelum tahun lalu lebih banyak berada di bawah bayang-bayang Nadal dan Federer tak mau terlampau percaya diri. Ia sadar sebagai petenis nomor satu dirinya menjadi target utama dari seluruh rivalnya.

"Aku sadar kalau semua orang menginginkan titel grand slam, ingin duduk di posisi satu. Itu wajar. Aku sudah siap untuk tantangan itu," tegas petenis yang akrab disapa Nole itu.


dikutip : detik.com

No comments:

Post a Comment