Wednesday, August 8, 2012

Emas Lin Dan Bersihkan Nama China

Lin Dan (Foto: Getty Images) 

 ‘Opera Sabun’ di cabang bulutangkis nomor ganda putri, dianggap mencoreng bulutangkis secara umum dan juga nama besar China secara khusus. Cela macam ini harus segera dikubur dan diperbarui oleh aksi-aksi baru nan menawan dari atlet Negeri Tirai Bambu lainnya.

Pebulutangkis tungga putra, Lin Dan, berharap aksi-aksi heroiknya kontra Lee Chong Wei di final lalu, bisa mengubah cara pandang panitia Olimpiade dan publik luas tentang bulutangkis. Olahraga adu olah raket dan shuttlecock ini sempat menjadi buah bibir saat terjadi kontroversi permainan yang ‘biang keroknya’ di awali kelakuan unggulan pertama, Yu Yang/Wang Xiaoli.

Yu/Wang sengaja mengalah dari pasangan Korea Selatan, Kyung Eun Jung/Kim Ha Na, dengan tujuan agar tak bersua kompatriot mereka, Zhao Yunlei/Qing Tian, di babak selanjutnya. Lantas, duet Indonesia, Greysia Polii/Meiliana Jauhari juga melakukan hal serupa dengan lawannya dari Korsel, Ha Jung Eun/Kim Min Jung.

Super Dan – julukan Lin Dan, tak ingin nama baik bulutangkis dan terutama China, rusak oleh skandal tersebut. Apalagi jika nantinya IOC (otoritas tertinggi Olimpiade) tak lagi mencantumkan cabang bulutangkis di Olimpiade-Olimpiade selanjutnya.






No comments:

Post a Comment