Tuesday, March 13, 2012

Empat Jagoan Indonesia Gagal Tampil di Swiss


BASEL – Indonesia harus kehilangan empat jagoannya di ajang Swiss Open GP Gold di Basel, pada 13-18 Maret 2012. Pasalnya, Simon Santoso, Dionysius Hayom Rumbaka, pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Bona Septano batal tampil di ajang tersebut.

Absen keempatnya di ajang Swiss Open tidak lepas dari kondisi yang mereka dapat di ajang All England. Alhasil, keempatnya kembali ke Jakarta untuk kembali memulihkan kondisi.

Simon sendiri tidak mampu tampil cukup maksimal di ajang All England akibat mengalami kelelahan usai mengikuti turnamen German Grand Prix Gold 2012. Oleh karena itu, ia memilih absen di Swiss demi mempersiapkan diri di turnamen berikutnya.

“Simon dalam kondisi kelelahan dan tidak fit, selain itu saat di Jerman cedera di engkel nya mulai sedikit terasa lagi. Agar tidak semakin parah, sebaiknya Simon istirahat dulu,” ujar pelatih ganda putra, Agus Dwi Santoso seperti dilansir PBSI, Selasa (13/3/2012).

Beruntung, absennya Simon di Swiss Open tidak terlalu mempengaruhi peringkat dan poin yang ia miliki saat ini. Terlebih, suksesnya Simon melaju ke babak final Jerman Open dua pekan lalu membuat peringkatnya di dunia naik dua tingkat ke posisi sembilan.

Demi menaikkan peringkatnya di rangking dunia ia dijadwalkan untuk mengikuti beberapa turnamen kedepannya. Bahkan, Simon sendiri berniat untuk menembus lima besar sebelum berlaga di Olimpiade 2012 di Inggris.

Sama halnya dengan Simon, tunggal putra lainnya yaitu, Hayom memilih untuk batal turun di Swiss. Pasalnya, ia mengalami cedera pada lengan tangan kanannya akibat terkilir.

 “Sebetulnya ini sudah saya alami ketika di Jerman kemarin, namun masih bisa saya tahan sampai di Birmingham. Rasa nyeri ini cukup mengganggu juga saat di lapangan” ungkap Hayom.

Sedangkan, untuk unggulan kedua pasangan ganda putra Ahsan/Bona harus absen di ajang Swiss Open, akibat Ahsan yang terserang flu. Bahkan, saat di Birmingham dirinya kerap mengalami mimisan di pagi hari hingga membuat daya tubuhnya menurun dan gagal maksimal di lapangan.

Namun, dengan batalnya Simon, Hayom dan Ahsan/Bona tampil di Swiss. Indonesia masih memiliki beberapa jagoan di kelasnya. Di kelas ganda campuran ada  Hendra Setiawan/ Vita Marissa serta Muhammad Rijal/Debby Susanto, serta juara All England 2012, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Di tunggal putri Indonesia hanya mengirimkan Adrianti Firdasari. Sementara itu, Swiss Terbuka tidak ada kualifikasi untuk tunggal putra dan pertandingan langsung ke babak utama. Tunggal putra Indonesia diwakili oleh Taufik Hidayat, Andre Kurniawan, Sony Dwi Kuncoro, dan Tommy Sugiarto.




Okezone.com

No comments:

Post a Comment