Tuesday, March 13, 2012

Perjalanan Tontowi/Lilyana



BIRMINGHAM – Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir berhasil mengharumkan nama Indonesia di All England. Apa rahasia sukses mereka hingga bisa keluar sebagai juara di ajang paling bergengsi ini?

Pada ajang All England kali ini, perjalanan Tontowi/Lilyana bisa dibilang cukup mulus. Peluang mulai terbuka saat unggulan pertama asal China Zhang Nan/Zhao Yunlei yang sedianya akan menjadi batu sandungan di semi final justru harus tersingkir di babak pertama dari pasangan gado-gado asal Inggris Chris Adcock/Imogen Bankier.

Eh, Adcock/Bankier yang secara mengejutkan pernah mengalahkan Tontowi/Lilyana di Kejuaraan Dunia 2011 lalu, malah dikalahkan oleh pasangan Malaysia Chang Peng Soon/Goh Liu Ying pada perempat final.

Peng Soon/Liu Ying pun Tontowi/Lilyana singkirkan di semi final, sebelum menundukkan pasangan Denmark Thomas Laybourn/Kamilla Rytter di final. Lilyana mengungkapkan rahasia kemenangannya di final adalah tetap fokus dan perubahan strategi.

“Sangat menegangkan sekali, untung masih bisa fokus. Kami memang sedikit merubah pola permainan dari yang biasa. Tontowi yang biasanya penempatan bolanya mudah ditebak, kali ini lebih bervariasi. Beberapa kali lawan terkecoh dan salah posisi,” jelas Lilyana yang kelahiran Manado 26 tahun lalu ini.

Tontowi pun mengamini hal tersebut. “Saya tadi selalu berusaha untuk konsentrasi, tidak mau memikirkan menang atau kalah, yang penting usaha raih poin satu demi satu dulu,” ungkap Tontowi.

Berikut perjalanan Tontowi/Liliyana menuju podium juara All England 2012:

Babak pertama
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (INA) vs Ong Jian Guo/Lim Yin Loo (MAS) : 18-21, 21-8, 21-19

Babak kedua
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (INA) vs He Hanbin/Yixin Bao (CHN) : 21-11, 21-18

Perempat final
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (INA) vs Nathan Robertson/Jenny Wallwork (ENG) : 21-19, 14-21, 21-6

Semifinal
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (INA) vs Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (MAS) : 27-25, 21-16

Final
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (INA) vs Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl (DEN) : 21-17, 21-19



Okezone.com

No comments:

Post a Comment